Pages

Jumat, 10 Juni 2011

apa yang anda peroleh dari pendidikan anda itu ?

hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan bagi Abat,seorang profesor yang memiliki banyak gelar pda namanya itu tidak dapat menahan rasa sedih dan tangisnya ketika melihat seorang wanita tua telah berbalut kain putih di tubuhnya.
siapakah dia ?
dia adalah ibu angkat Abat .ya ibu angkatnya Abat .wanita tua itu lah yang merawatnya selama ia masih kecil hingga cukup untuk menjalani hidupnya sendiri.tahu kah engkau bahwa dahulu Abat itu adalah seorang gelandangan yang tidak diketahui siapa orang tua nya .profesor itu diajak oleh dia (sebut saja namanya Bu dian ) untuk tinggal dirumahnya.setelah sampai dirumahnya sang profesor pun diberi dua pilihan .Sekolah atau bekerja ?? sang profesor pun memilih untuk bersekolah .dan pada akhirnya sampai lah ia kepada Abat yang sekarang ini .
lanjut kecerita .
prosesi pemakaman pun selesai secara islami.didampingi temannya,ia pun pergi kerumah bu dian untuk melihat-lihat sejenak.ditengah perjalanan,Saha teman profesor pun bertanya tentang bu Dian untuk memuaskan rasa ingin tahunya.
betapa dikejutkannya Saha setelah tahu bahwa Bu Dian hanyalah seorang perempuan desa yang tidak bersekolah dan belum tamat SD yang hanya bekerja sebagai petani.
dan tahu kah engkau selama prosesi pengakaman banyak sekali orang-orang yang datang untuk menghadiri prosesi pemakamannya .mulai dari kyai-kyai,anak-anak pesantren , juragan-juragan kaya ,dan petani pun datang untuk menghadiri prosesi pemakaman ibu angkat sang profesor.
apakah yang menyebabkan hal itu terjadi ? semua pasti ada penyebabnya.
hal itu dikarenakan bu dian adalah seseorang yang baik hati dan suka menolong . ketika ia kepasar , dilihatnya anak-anak gelandangan .dan tahukah kamu anak-anak gelandangan itu jumlahnya tidak lah sedikit melainkan banyak ? mereka di ajak untuk tinggal bersamanya ,dan ada pula yang dimasukan kedalam pesantren.betapa mulianya hati bu Dian ini.
mereka pun diberi dua pilihan yang sama seperti apa yang diberikan kepada Abat.
mereka yang memilih bekerja ,setelah dewasa jadilah ia juragan-juragan kaya yang terkenal
dan yang memilih pendidikan , menjadi seperti Abat.
dibalik itu semua kawan ,ada satu perkataan penting yang membuat ia Tercengang.
"setelah ia menyelesaikan studi nya ia pun pulang kedesa tempat Bu Dian tinggal.
sesampainya ia disana ia pun bercerita tentang riwayat pendidikannya .Abat bercerita dengan semangatnya dan menggebu-gebu.tapi ,apa reaksi dari wanita tua itu ?
dia hanya menampilkan reaksi yang biasa-biasa saja seolah-olah itu bukanlah hal yang penting dan bertanya kepada Abat.
"apa yang kamu peroleh dari pendidikan anda itu ?" "
itulah yang membuat Abat tercengang karena dengan pangkat dan gelar yang ia dapatkan itu belum lah menghasilkan manfaat dibandingkan dengan seorang wanita tua yang belum tamat SD dan hanya bekerja sebagai petani . Bu Dian lah yang merawat Abat dan teman-teman gelandangan lainya.Bu Dian tidak lah membeda-bedakan status,keturunan,dll.
Bu Dian hanyalah menjalankan Sunnah Rasulullah SAW
yaitu

Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda, ” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari).



betapa mulianya perbuatan Bu Dian itu dimata Allah .Karena ternyata derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauhmana dirinya punya nilai manfaat bagi orang lain. sesungguhnya janji Allah dan Rasulnya itu adalah benar.
tetapi sudahkah kita melakukan seperti apa yang dilakukan oleh bu Dian ? dan sudahkah kita memberikan manfaat bagi orang lain dengan kelebihan yang kita punya ini ?

semoga artikel ini bermanfaat.
maaf atas tulisan saya yang mungkin tidak bagus,karna saya baru pemula .


sumber : khutbah Jum'at tgl 10 juni 2011,di Malang

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top